Desmond: Bukti Lapas Tidak Beres ,OTT KPK di Lapas Sukamiskin Sejumblah Tahanan Tidak Berada di Sel

  • Bagikan
Desmond: Bukti Lapas Tidak Beres ,OTT KPK di Lapas Sukamiskin Sejumblah Tahanan Tidak Berada di Sel

Jakarta, SBN-

Wakil Ketua Komisi III dari Fraksi Gerindra Desmond J Mahesa menilai bahwa tidak adanya sejumlah tahanan saat Komisi Pemberantasan Korupsi melakukan OTT di Lapas Sukamiskin,menandakan bahwa kondisi Lapas di Indonesia tidak beres. Hal tersebut dikatakan Desmond J Mahesa kepada awak media di Komplek Parlemen, Senayan Jakarta,pada Senin (23/07/2018). 

“Kita harus apresiasi dan mendukung KPK,berarti apa yang ditemukan kemarin sangat jelas dimana orang-orang yang seharusnya ada di dalam lapas pada saat peristiwa itu terjadi orangnya engga ada. Ada apa dgn seorang perempuan,istri yang artis itu ada di sana? Ini kan mengindikasikan bahwa lapas tidak beres,”ujar Desmond.

Untuk diketahui dalam operasinya di Lapas sukamiskin,KPK juga menyegel sejumlah ruangan sel karena tidak ditemukan penghuninya. Kuat dugaan penghuni sel tersebut tidak berada di dalam Lapas. Meskipun mengapresiasi,Desmond mengatakan OTT yang dilakukan KPK di Lapas Sukamiskin perlu ditelisik lebih lanjut. Pasalnya menurut Desmond OTT tersebut merupakan wilayah satgas Saber Pungli bukan KPK.

“Yang jadi soal adalah bentuk koordinasi dan supervisi antara KPK dan polisi saya melihat bahwa ada yang engga beres. Apa yang engga beres? Harusnya dalam konteks melaksanakan instruksi presiden yang berkaitan dengan pungli itu harusnya yang di depan itu kapolri,bukan KPK,” katanya.

Menurut mantan aktifis Desmond J Mahesa,hal tersebut akan ditanyakan Komisi III dalam Rapat dengar Pendapat dengan KPK. Ia akan menanyakan kordinasi KPK dengan kepolisian soal OTT tersebut. Ia berpendapat seharusnya KPK cukup memberikan informasi soal adanya suap tersebut kepada institusi penegak hukum lainnya, sehingga ia tidak menyebrangan batas kewenangan.

“KPK berikan informasi,informasi inilah yang nantinya kita pertanyakan dalam raker dengan kpk hari ini ada gak dilakukan? Pernah gak dilakukan? Kalau pernah dilakukan dan Polri tidak melakukan apa yang diinformasikan KPK wajar KPK melakukan tindakan yang kemarin di Lapas Sukamiskin,”kata Wakil Ketua Komisi III DPR RI.

(Git)

  • Bagikan