KASAD Terima Paparan Kesiapan Akhir Kegiatan Katpuanter Bintara Abit Dikjurba Otsus TNI AD

  • Bagikan
KASAD Terima Paparan Kesiapan Akhir Kegiatan Katpuanter Bintara Abit Dikjurba Otsus TNI AD

Suarabekasinews.com,Jakarta,

KASAD Terima Paparan Kesiapan Akhir Kegiatan Katpuanter Bintara Abit Dikjurba Otsus TNI AD

Sebanyak 960 siswa Abit Pendidikan Kejuruan Bintara yang berasal dari Papua Barat akan menjalani Peningkatan Kemampuan Teritorial di wilayah Kodam yang berada di Pulau Jawa. Sebanyak 330 orang di Kodam III/Siliwangi,240 orang di Kodam IV/Diponegoro,260 orang di Kodam V/Brawijaya,dan 130 orang di Kodam Jaya.

Disampaikan oleh Asisten Teritorial Kasad,Mayjen TNI Nurchahyanto,para Bintara Otsus Papua telah melaksanakan Mobile Team Training oleh Puster dan Pusdikter di beberapa Rindam untuk memberikan pembekalan kepada Gumil yang akan menyampaikan materi kepada Bintara Otsus Papua.

Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD), Jenderal TNI Andika Perkasa menerima laporan kesiapan akhir dari para Panglima Kodam. Dilaporkan oleh Pangdam Jaya,Pangdam III/Siliwangi, Pangdam IV/Diponegoro,dan Pangdam/V Brawijaya,mengenai program dan kegiatan yang akan dilakukan Bintara Otsus Papua.

KASAD Terima Paparan Kesiapan Akhir Kegiatan Katpuanter Bintara Abit Dikjurba Otsus TNI AD

Selain itu wilayah tugas dan Babinsa pendamping,fasilitas dan tempat tinggal yang diberikan,serta pengenalan kebudayaan yang ada di wilayah Kodam masing-masing. “Petunjuk saya kepada seluruh Pangdam,Danrem, Danrindam yang hadir,pertama mereka tidak lagi di dalam Pendidikan,jadi walaupun masih manajemen Rindam, tapi mereka ini sudah prajurit yang tidak melaksanakan Pendidikan. Oleh karena itu mulai bagaimana menangani mereka 2 minggu ke depan berbeda, jangan sampai para pengasuh ini memperlakukan mereka seperti siswa,” jelas KASAD yang dikutib resmi dari tayangan unggahan YouTube TNI AD,pada Jum’at (06/08/2021) .

KASAD Jendral Andika juga menyampaikan agar para Bintara Otsus Papua memiliki jadwal olahraga masing-masing setiap hari agar dapat membawa kultur yang bagus saat kembali bertugas di Papua. Ia juga meminta agar mereka diberikan pelatihan agar menjadi prajurit yang dewasa dan bertanggung jawab.

“Selama 3 bulan ini biarkan mereka belajar untuk menjadi prajurit yang dewasa,yang bisa membawa diri, karena apa,setelah mereka masuk ke tempat tugas mereka nantinya di Papua,mereka bukan hanya membawa diri mereka sendiri tetapi mereka harus membina desa,kecamatan,sesuai tanggung jawab mereka. Karena itu harus kita latih supaya mereka lebih dewasa,”lanjut KASAD.

Kegiatan Peningkatan Kemampuan Teritorial Bintara Abit Dikjurba Otsus bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam pelaksanaan tugas teritorial serta menumbuhkan kepribadian yang memiliki semangat juang dan kecintaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

(Git/YouTube TNI AD)

  • Bagikan