Terawan Mengungkapkan Awal Mula Vaksin Nusantara

  • Bagikan
Terawan Mengungkapkan Awal Mula Vaksin Nusantara

SBN, Jakarta –

Vaksin Nusantara yang digagas mantan Menteri Kesehatan sekaligus Mantan Kepala RSPAD Gatot Subroto Jakarta,Terawan Agus Putranto terus menjadi sorotan. Vaksin untuk covid-19 ini diklaim memiliki kekebalan seumur hidup.

Selain itu,menurut Mantan Menteri Kesehatan sekaligus Mantan Kepala RSPAD Gatot Subroto Terawan Agus Putranto pemanfaatan sel dendritik dalam Vaksin Nusantara adalah yang pertama di dunia. Ia pun mengungkap awal mula cerita pembuatan vaksin tersebut.

“Sejak 2015 saya secara pribadi juga sudah mengembangkan proses dendritik vaksin ini di cell cure center RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta,”kata Terawan dalam Rapat Kerja dengan Komisi IX DPR,pada Rabu (10/03/2021).

Kala itu,sejatinya sel dendritik tak dikhususkan untuk menjadi vaksin covid-19. Namun digunakan sebagai riset pengembangan vaksin kanker.

“Dendritik itu sudah kita kenal dan kita sudah publish di jurnal internasional, tapi memang waktu itu saya publish  untuk vaksin kanker guna kebutuhan riset,”jelas dia.

Namun ketika covid-19 hadir,dirinya mencoba memanfaatkan sel dendritik sebagai vaksin. Dan ide itu mendapat dukungan dari RSUP dr. Kariadi Semarang bersama Universitas Diponegoro. “Sehingga ini terus mengembang,sehingga begitu ada ide untuk dentriktik vaksin untuk covid-19, gayung jadi bersambut,”ungkapnya.

Terlebih saat ini pihaknya mengaku telah mendapatkan dukungan berupa pengujian terhadap binatang dari pihak ketiga. Pihak ketiga itu berada di Amerika. “Semua bisa berjalan baik membuat mantap kami,”tambahnya. (Git/***)

  • Bagikan