Mahasiswa PMM-UMM Edukasi Hidup Bersih dan Sehat Lewat Jingle Cuci Tangan 6 Langkah Bersama PKK Desa Wanajaya Cibitung

  • Bagikan
Mahasiswa PMM-UMM Edukasi Hidup Bersih dan Sehat Lewat Jingle Cuci Tangan 6 Langkah Bersama PKK Desa Wanajaya Cibitung

suarabekasinews.com, Kabupaten Bekasi-

Mahasiswa PMM-UMM Edukasi Hidup Bersih dan Sehat Lewat Jingle Cuci Tangan 6 Langkah Bersama PKK Desa Wanajaya Cibitung

Kelompok Delapan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dalam rangka kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) di Desa Wanajaya, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi, mengedukasi masyarakat hidup bersih dan sehat melalui jingle cuci tangan 6 langkah.

Kelompok Delapan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dalam rangka kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini beranggotakan 3 (tiga) orang berhasil membawakan semangat dan pengetahuan baru kepada PKK Desa Wanajaya.

Semangat tersebut terlihat dari banyaknya peserta yang ikut serta dalam kegiatan pada hari Rabu 29 Juli 2020 pukul 9.00 WIB yang dihadiri oleh 30 orang kader PKK Desa Wanajaya. Kegiatan tersebut dihadiri Lurah Desa Wanajaya, Amih serta didampingi Ketua PKK Desa Wanajaya Rita dan Ketua POKJA 4, dimana kegiatan berlangsung tetap mengikuti penerapan protokol kesehatan secara ketat.

Disisi lain,  I’anatut Thoifah, M.Pd.I selaku Dosen Pembimbing Lapangan menjelaskan bahwa di masa pandemi covid-19 mengharuskan kita semua untuk sering-sering mencuci tangan dengan cara yang benar. Sebagai salah satu usaha pencegahan dari penularan.

Selain itu sudah dari zaman dahulu dalam agama  Islam telah diajarkan betapa  pentingnya untuk menjaga kebersihan. Sebagaimana dalam sebuah hadits disebutkan bahwa kebersihan bagian dari iman.

Pandemi Covid-19 di Indonesia belum menunjukkan penurunan, namun demikian kader PKK Desa Wanajaya tetap antusias mengikuti salah satu kegiatan sosialisasi mengenai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang diadakan oMahasiswa UMM.

Sosialisasi PHBS ini dikemas Mahasiswa UMM dalam bentuk video singkat berdurasi kurang lebih 2 menit mengenai 6 langkah mencuci tangan. Video berdurasi singkat tersebut diharapkan bisa tersebar luas dan diaplikasikan oleh masyarakat melalui kader PKK Desa Wanajaya.

Sedangkan Ketua PKK Desa Wanajaya Rita, mewakili seluruh kader PKK dan masyarakat Desa Wanajaya,  menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Bahkan ditengah kegiatan, Rita memimpin kader PKK yang hadir untuk menggemakan jingle cuci tangan 6 langkah di Desa Wanajaya tersebut.

Adanya video edukasi dan jingle cuci tangan 6 langkah tersebut, diharapkan memudahkan masyarakat untuk mencontoh dan mengaplikasikannya pada kegiatan sehari-hari, harap Kelompok 8 Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dalam rangka kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini.

(Shavira Yolandari

 

 

  • Bagikan