Apresiasi Kepala BKP Kementan RI pada Panen Raya Gapoktan Yonarhanud 16

  • Bagikan
Apresiasi Kepala BKP Kementan RI pada Panen Raya Gapoktan Yonarhanud 16

Suarabekasinews.com,Nunukan,

Pos Lumbis Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonarhanud 16/SBC/3 Kostrad melaksanakan panen perdana di lahan kosong yang  telah disulap menjadi lahan produktif berkat bergotong royong bersama masyarakat dan tergabung dalam 10 kelompok tani, antara lain 1 kelompok wanita tani dan satu gabungan kelompok tani yang diberi nama Gapoktan Arhanud 16 Lumbis Hulu,kecamatan Lumbis, kabupaten Nunukan,Kalimantan Utara, pada Sabtu (18/09/2021).

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonarhanud 16/SBC/3 Kostrad, Letkol Arh Drian Priyambodo,S.E., dalam rilis tertulisnya di Makotis Satgas,jalan Fatahilah, Kecamatan Nunukan, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara.

Disampaikan Dansatgas,panen perdana ini di kebun Pos Lumbis yang memanfaatkan lahan kosong disekitaran pos tersebut,bertujuan untuk menjaga dan meningkatkan kebersamaan serta kekompakan antara personel Satgas dengan warga Kampung Lumbis itu sendiri,Juga sebagai media edukasi bagi warga untuk membuka lahan perkebunan dengan memanfaatkan lahan kosong di sekitar tempat tinggalnya.

Dansatgas menambahkan,perlu diketahui,Satgas Pamtas Yonarhanud 16/SBC menginisiasi membentuk (Gapoktan) gabungan kelompok tani yang didalamnya adalah masyarakat di sekitar pos Lumbis,dengan harapan agar pemanfaatan lahan kosong dengan ditanami cabai ataupun tanaman produktif lainnya,bisa dicontoh dan digalakkan oleh warga desa Lumbis yang nantinya dapat meningkatkan kesejahteraan warga itu sendiri. Benih yang ditanam oleh Gapoktan Yonarhanud 16 antara lain jenis sayur-sayuran seperti kangkung, sawi,cabai dan jagung yang di tanam di lahan seluas 1,5 hektar.

“Selain dari pada itu,dengan adanya Pandemi Covid 19 seperti saat ini,yang berdampak pada segala aspek terutama ekonomi masyarakat, sehingga dengan adanya kegiatan seperti ini,dapat menambah produktifitas pangan dan sehingga kebutuhan sehari-hari tidak bergantung pada pihak negara tetangga,”ujar Dansatgas.¬†(Git/Pendivif3kostrad)

  • Bagikan