Kesehatan Menjadi Deliverable Penting Kunjungan Kenegaraan PM Jepang ke Indonesia

  • Bagikan
Kesehatan Menjadi Deliverable Penting Kunjungan Kenegaraan PM Jepang ke Indonesia

Suarabekasinews.com,Jakarta,

Menteri Kesehatan (Menkes) RI,Letjen TNI (Pur.) Dr. dr. Terawan Agus Putranto,Sp.Rad (K) RI mengadakan pertemuan bilateral secara virtual dengan Duta Besar Jepang untuk Indonesia,Mr. Ishii Masafumi,pada Senin (19/10).

Pertemuan bilateral tersebut dilaksanakan dalam rangka menandatangani Memorandum of Cooperation (MoC) bidang kesehatan antara Indonesia dan Jepang. MoC dimaksud akan menjadi salah satu deliverables Pertemuan Tinggi antara Presiden RI,Joko Widodo dan Perdana Menteri Jepang,Yoshihide Suga tanggal 20 s.d 21 Oktober 2020.

Jepang menyambut baik inisitaif Indonesia dalam menginisiasi penyusunan draft MoC bidang kesehatan. Baik Menkes Terawan dan Dubes Ishii,keduanya memiliki semangat yang sama,untuk meningkatkan kerja sama kesehatan kedua negara,terlebih lagi dalam menghadapi pandemi Covid-19 saat ini. ”Kerja sama bilateral adalah salah satu kunci untuk menjawab tantangan dalam menghadapi Covid-19,termasuk kolaborasi antara Pemerintah, swasta, organisasi masyarakat dan mitra pembangunan internasional,”sambut Menkes Terawan.

Program kerja sama dalam MoC yang telah disepakati kedua belah pihak, meliputi:
1. Kefarmasian dan Alat Kesehatan
2. Pengembangan Sumber Daya Manusia
3. Pelayanan Kesehatan
4. Teknologi Informasi Kesehatan
5. Pelayanan Lanjut Usia
6. Pengendalian dan Pencegahan Penyakit
7. Kesehatan Lingkungan.

”Atas nama Pemerintah Indonesia, saya ingin menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Bapak Duta Besar dan Pemerintah Jepang dalam memfinalisasi MoC bidang kesehatan antara kedua negara,”ujar Menkes Terawan menutup sambutan sebelum menandatangani dokumen MoC Kesehatan.

Tepat pukul 14.11 WIB,dokumen MoC bidang Kesehatan ditandatangani oleh Menkes Terawan di Ruang Cut Meutia Kemenkes RI sementara dalam waktu bersamaan Duta Besar Jepang menandatangani dokumen MoC dimaksud di Kedutaan Besar Jepang di Jakarta. (Git/Kemenkes)

  • Bagikan