Destinasi Wisata Hasil Kreatifitas dan Kepedulian Pemuda yang Kurang Dukungan Pemerintah

  • Bagikan
Destinasi Wisata Hasil Kreatifitas dan Kepedulian Pemuda yang Kurang Dukungan Pemerintah

Bojong Menteng , SBN  –

Tembus Tiga ribu pengunjung perhari selama libur Lebaran , KPPL Bojong Menteng Selaku LSM peduli lingkungan yang menyulap Situ Rawa Gede menjadi Rawa yang membuat masyarakat penasaran terhadap keindahan dan Fasilitas Rekreasi Murah Meriah tapi tidak murahan.

Dengan hadirnya Kelompok Pecinta dan Pemerhati Lingkungan (KPPL) Bojong Menteng yang di ketuai oleh Krisda , Menyulap rawa situ gede yang berada tepat disamping gedung Kesenian Kota Bekasi menjadi sebuah tempat yang nyaman untuk masyarakat berlibur menikmati keindahan dan wisata air , yang sebelumnya rawa situ gede di penuhi Limbah sampah dan Limbah Pabrik yang ada di lingkungan tersebut.

Destinasi Wisata Hasil Kreatifitas dan Kepedulian Pemuda yang Kurang Dukungan Pemerintah

Krisda mengaku dalam aktivitasnya bersama teman teman yang tergabung dalam KKPL Bojong Menteng diawali dengan rasa miris terhadap pencemaran yang ada di Situ Rawa Gede, rawa yang di penuhi dengan sampah dan Limbah pabrik yang cukup menganggu masyarakat sekitar dengan Bau dan pencemaran air bersih yang digunakan warga untuk minum serta kebutuhan rumah tangga lainya.,(27/6/19).

“Alhamdulillah dengan niat Untuk Menjaga Lingkungan, masyarakat sekitar mendukung kegiatan kami, dengan Bantuan Masyarakat dan para peduli lingkungan Situ Rawa Gede menjadi seperti ini, indah , bersih , tertata dan menjadi tujuan wisata Masyarakat bukan hanya masyarakat Kota Bekasi masyarakat di luar kota Bekasi pun sudah banyak yang sengaja berwisata ke Tempat ini, Sumbangan yang diberikan oleh pengunjung kami alokasikan untuk penataan Rawa sebanyak 60 %, dan Untuk tenaga pengelola yang menjaga serta merawat kebersihan segala yang ada di rawa (Penghijauan dan Satwa Yang tersdia di Sekitar Rawa sebanyak 40 %“ Ujar Codet .

Beberapa Harapan Krisda selaku Ketua KPPL Bojong menteng, Agar pemerintah Kota Bekasi dalam hal ini Walikota Bekasi atau dinas terkait dapat mensupport kegiatan tersebut , seperti Dinas Kebersihan Melaui UPTD Kebersihan Setempat agar mengalokasikannya Truk sampah secara rutin untuk mengangkat sampah sampah sampah yang diangkat dari dasar rawa atau sampah yang hanyut dari Aliran Air Menuju Rawa, serta Dinas Pariwisata dan Budaya yang dalam hal ini menaungi bidang Pariwisata agar memberikan Support dan dukungan penuh untuk memajukan perpariwisataan di Lingkungan Kota Bekasi .

Juga kepada Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi , Kita berkaca kepada pengelolaan Oleh Balai Besar Wilayah Ciliwung Cisadane Kabupaten Bekasi dimana masyarakat diberikan hak penuh untuk pengelolaan Lingkungan hendaknya Dinas Lingkungan Hidup serta dinas Pariwisata dan budaya Kota Bekasi pun memberikan hak itu demi kemandirian dalam pengelolaan Lingkungan .

Destinasi Wisata Hasil Kreatifitas dan Kepedulian Pemuda yang Kurang Dukungan Pemerintah

Belum adanya peran pemerintah Kota Bekasi dan dinas terkait , kegiatan penataan yang dilakukan sampai saat ini, KPPL hanya memanfaatkan Sumbangan dari para anggota dan masyarakat sekitar yang peduli terhadap lingkungan.

Dedi salah satu pengunjung dari Pondok Kelapa Jakarta Timur yang penasaran terhadap destinasi wisata Rawa Gede menyampaikan rasa puasnya terhadap pengeloaan yang dilakukan oleh para pemuda dilingkungan rawa gede, bersama keluarganya abdul menyampaikan apresiasinya tersebut. (dr )

  • Bagikan