Nataru Puluhan Ribu Dokter dan Tenaga Medis Siaga Melayani Masyarakat

  • Bagikan
Nataru Puluhan Ribu Dokter dan Tenaga Medis Siaga Melayani Masyarakat

SBN, BANDUNG –

Puluhan ribu dokter dan tenaga medis disiagakan di seluruh rumah sakit dan pusat kesehatan masayarakat (puskesmas) se-Indonesia. Untuk mengantisipasi lonjakan jumlah pasien dan siap melayani masyarakat selama musim libur sekolah,Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru). Hal tersebut diungkapkan Menkes RI Terawan Agus Putranto pada Senin (23/12) saat kunjungan ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Hasan Sadikin Bandung,Jawa Barat.

Nataru Puluhan Ribu Dokter dan Tenaga Medis Siaga Melayani Masyarakat

“Demi memberikan pelayaan terbaik untuk para pasien, Kemenkes menyiapkan puluhan ribu dokter jaga di seluruh rumah sakit di Indonesia. Seluruh dokter jaga siap memberikan pelayaan terbaik. Apalagi menghadapi Natal dan Tahun Baru,akan menjadi tolok ukur kesiapan rumah sakit/jelang hari raya Idul Fitri nanti,” kata Terawan.

Persiapan RSHS Bandung dalam menghadapi Nataru sudah cukup baik. UGD RSHS juga telah bersiaga,menghadapi kemungkinan pasien masuk dari berbagai daerah di Jabar. Karena, RSHS Bandung menjadi rumah sakit rujukan dari berbagai rumah sakit di Jawa Barat.

“Kesiapan Nataru sudah cukup baik. Di sini RSHS Bandung sudah ada 119 dokter dan tenaga medis dan UGD juga ready. UGD RSHS Bandung harus siap siaga karena ini jadi rujukan yang tertinggi di Jabar. Di sini bisa menampung dan menerima 200 pasien per hari,” kata Terawan.

Menurut Menkes, pada musim libur sekolah,Natal,dan Tahun Baru ini rumah sakit harus siap, mengantisipasi bila terjadi kecelakaan atau lonjakan pasien akibat penyakit lainnya. Rumah sakit harus menangani pasien secara baik dan cepat.

“Ada dokter puluhan ribu jumlahnya,mereka di-shift untuk siaga. Selain itu, berlatih untuk Lebaran. Kalau ini sukses,tinggal untuk Lebaran dikerjakan kurangnya di mana sehingga bisa diingkatkan. Karena kalau Lebaran kan lebih banyak dan lebih cepat pergerakanya,”ujar Menkes Terawan.

Terawan mengimbau kepada mayarakat yang liburan agar menjaga kesehatan,cukup istirat, dan jangan lupa makan serta minum air putih yang cukup.

“Hindari emsosi berlebihan, jangan merasa tersalip. Kita lebih baik berjalan hati-hati agar bisa bertemu dengan keluarga dengan bahagia dan sentosa,”harapan Menkes Terawan Agus Putranto. (SIG/***)

  • Bagikan