Mahfud MD:Indonesia Harus Bersatu Dalam Keberagaman

  • Bagikan
Mahfud MD:Indonesia Harus Bersatu Dalam Keberagaman

Suarabekasinews.com,Probolinggo,

Menteri Koordinator Bidang Politik,Hukum,dan Keamanan Moh. Mahfud MD mengajak seluruh masyarakat untuk selalu bersatu di dalam keberaragaman. Hal tersebut disampaikannya pada kegiatan Dialog Kebangsaan Bersama Menko Polhukam di Pendopo Kabupaten Probolinggo,Jawa Timur, pada Sabtu (3/10/2020).

Pasalnya,Indonesia merupakan sebuah bangsa yang dikaruniai beragam adat dan budaya. Dalam Peraturan Perundang-undangan pun tertulis bahwa Indonesia memiliki 6 agama: Islam,Kristen Protestan,Katolik,Hindu, Buddha,dan Konghuchu.

Selain itu,Indonesia juga memiliki 1.360 suku dan 726 bahasa daerah. Indonesia juga mempunyai 17.504 pulau dan 16.100 diantaranya sudah terdaftar namanya di Persatuan Bangsa-bangsa. Sisanya 1.400 masih belum memiliki nama,namun koordinatnya sudah terdaftar.

“Sekarang kita hidup di Negara Kesatuan Republik Indonesia yang merdeka dalam bentuk negara kesatuan dengan dasar ideologi Pancasila. Kita harus bersyukur, kenapa? Karena dengan merdeka, kita bisa menjadi seperti ini. Oleh sebab itu kita perlu jaga ini,jangan terlalu sektarian. Karena kita hidup sebagai sebuah bangsa, melalui proses demokrasi,”kata Menko Mahfud.

Dialog Kebangsaan ini dihadiri oleh Deputi VI Bidang Koordinator Kesatuan Bangsa Kemenko Polhukam Janedjri M. Ghafar,Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Hasan Aminuddin,Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak, Kepala Staf Kodam V Brawijaya Brigjen TNI Agus Setiawan,Kepala Bakorwil V Jember R. Tjahjo Widodo,Bupati Probolinggo P. Tantriana Sari,dan Wakil Bupati Probolinggo HA. Timbul Prihanjoko. (Gt/HumPolhukam)

  • Bagikan