Menkes Minta Akses Kesehatan Korban Banjir Dipercepat

  • Bagikan
Menkes Minta Akses Kesehatan Korban Banjir Dipercepat

SBN, BANTEN-

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto meminta agar akses kesehatan bagi korban bencana dipercepat,tidak dipersulit administrasi. “Artinya harus ditolong. Urusan administrasi urusan belakangan,” kata Terawan saat meninjau korban banjir bandang di Lebak, Banten,pada Selasa (7/1).

Untuk merealisasikan hal tersebut, Terawan telah membuat surat edaran untuk mempercepat pelayanan kesehatan bagi korban bencana. Surat edaran tersebut sudah disebarkan kepada Dinas Kesehatan di seluruh Indonesia.

“Jadi langsung saja (diberikan pelayanan kesehatan). Itu sudah ada suratnya. Surat edarannya sudah saya tanda tangan,”ucap Menkes Terawan.

Sebelumnya Terawan menyatakan bahwa pihaknya sudah mengirimkan Emergency Medical Team atau tim medis darurat untuk memberikan layanan kesehatan kepada korban bencana. Kemenkes juga telah menerjunkan tim pemantauan yang mensurvei kondisi di lapangan.

Menurut Terawan,tim pemantauan akan menganalisis persoalan sanitasi yang timbul pasca-bencana di berbagai wilayah. Dengan demikian,pemerintah bisa mencegah penyakit yang berpotensi menjangkiti masyarakat. “Kami juga bekerja sama untuk penyediaan air bersih, paling tidak pembersihan lingkungan agar bisa ditempati. Itu intens kami berikan sesuai survei lapangan yang kami lakukan,” tambahnya.  (SIG/***)

  • Bagikan